Kenali Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya, Perhatikan ini Sebelum Memasang di Rumah

TEKNOLOGI - Sebelum memasang panel surya di rumah, Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan panel surya. Meski memiliki sejumlah manfaat dan...


TEKNOLOGI - Sebelum memasang panel surya di rumah, Anda harus tahu kelebihan dan kekurangan panel surya. Meski memiliki sejumlah manfaat dan keunggulan dibandingkan tenaga listrik. Namun di samping itu panel surya juga mempunyai sejumlah kekurangan yang sering dikeluhkan pemakainya.
Panel surya adalah alat yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Penyerapan sinar matahari dilakukan kumpulan sel surya yang terdapat pada panel surya. Sel surya terdiri dari berbagai komponen photovoltaic atau komponen yang bisa mengubah cahaya menjadi listrik.
Saat ini sudah banyak keluarga yang menerapkan panel surya di rumahnya. Tren ini banyak terjadi di kota-kota besar. Orang-orang memilih memasang panel surya karena bisa menghemat pemakaian listrik di rumah. Namun perlu diingat juga bahwa biaya pemasangan dan alat panel surya terhitung mahal.
Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya
Banyak yang ingin memasang panel surya karena berharap bisa menghemat pengeluaran bulanan, khususnya untuk tagihan PLN. Namun di samping itu, modal untuk pemasangan panel surya sendiri juga memerlukan biaya yang tinggi.
Jadi sebelum memutuskan untuk pasang panel surya di rumah, Anda perlu tahu kekurangan dan kelebihannya.
Kelebihan Panel Surya
1. Sumber Energi Terbarukan
Kelebihan utama dari panel surya adalah pemanfaatan energi terbarukan. Energi matahari yang diserap dan diolah oleh panel surya merupakan sumber energi terbarukan.
Energi matahari bisa dimanfaatkan oleh semua wilayah di dunia dan tersedia setiap hari. Energi matahari bersifat tidak bisa habis, berbeda dengan energi yang bersumber dari alam. Energi matahari bisa kita manfaatkan selama masih ada matahari yang bersinar setiap harinya.
2. Mengurangi Penggunaan Listrik
Manfaat lainnya dari panel surya adalah bisa mengurangi penggunaan listrik. Karena alasan inilah banyak orang ingin memasang panel surya di rumah mereka. Seberapa besar Anda bisa menghemat listrik sangat bergantung pada ukuran panel surya dan pemakaian listrik Anda.
Selain menghemat tagihan listrik, bahkan Anda bisa memanfaatkan panel surya untuk menerima pembayaran. Misalnya panel surya Anda memiliki kelebihan energi dan Anda bisa menyalurkannya ke rumah lain sekitar.
3. Penggunaan yang Beragam
Panel surya juga memiliki kelebihan dalam penggunaan. Pemanfaatan energi oleh panel surya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa memanfaatkan panel surya di sebuah rumah atau bangunan yang belum terjangkau listrik. Anda juga bisa memakai panel surya ketika dalam keadaan mati listrik.
Selain itu, panel surya juga bisa digunakan untuk menyuling air. Anda bisa memanfaatkan panel surya untuk menghasilkan air bersih di daerah-daerah yang membutuhkannya. \
4. Pemeliharaan Lebih Murah
Panel surya tidak membutuhkan perawatan yang terlalu banyak atau merepotkan. Anda hanya perlu merawat dan membersihkan komponen alat-alatnya secara berkala. Pembersihannya perlu terlalu sering dan alatnya juga awet dalam waktu lama. Di saat membelinya pun Anda bisa mendapatkan garansi biasanya dengan masa 20-25 tahun.
5. Pengembangan Teknologi
Kelebihan lain dari panel surya adalah dalam hal pengembangan teknologi. Industri tenaga surya akan terus mengalami perkembangan dan peningkatan teknologi. Dengan selalu adanya pembaruan ini maka efektivitas panel surya bisa meningkat hingga tiga kali lipat.
Kekurangan Panel Surya
1. Biaya Mahal
Banyak orang yang urung membeli panel surya karena harganya yang mahal. Anda perlu merogoh kocek cukup besar untuk biaya awal pembelian panel surya. Pembelian tersebut sudah termasuk sejumlah komponen, seperti panel surya, inverter, kabel, baterai, dan pemasangan.
2. Harus Bergantung pada Cuaca
Meski biasa digunakan di mana saja dan setiap hari, namun sistem kerja panel surya sangat bergantung pada keberadaan matahari. Sebenarnya panel surya bisa mengumpulkan energi selama beberapa hari jika cuaca mendung atau hujan. Namun Anda tetap akan terkendala ketika terjadi kondisi tidak hujan dalam beberapa hari lamanya. Selain itu, penyerapan dan pengumpulan energi juga tidak bisa dilakukan pada malam hari.
3. Memerlukan Banyak Ruang
Kekurangan lain panel surya adalah harus membutuhkan banyak ruang. Apabila Anda ingin menghasilkan listrik lebih besar dari energi matahari, maka Anda juga memerlukan semakin banyak panel surya. Jadi jika Anda memasang banyak panel surya maka atap Anda juga harus luas.
Demikianlah ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan panel surya. Panel surya memang memiliki banyak kelebihan karena menggunakan energi terbarukan dan bisa menghemat listrik. Namun biaya pemasangannya juga mahal sehingga banyak orang harus mempertimbangkan hal ini.
Sumber: VOI

Share Berita

Baca Juga

Pansus LKPJ Sidak Sejumlah Proyek ‘Andalan’ Pemkot Samarinda

  SAMARINDA  – Panitia Khusus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (Pansus LKPj) Wali Kota Samarinda melakukan sidak atau peninjauan ke sej...

Nama

ADVERTORIAL,827,BALIKPAPAN,106,BERAU,31,BONTANG,28,BUKU,35,EDUKASI,250,EVENT,4,FILM,57,FLORA DAN FAUNA,189,FOOD,78,HIBURAN,95,HUKUM,1612,KESEHATAN,481,KUBAR,7,KUKAR,20,KUTIM,7,MANCANEGARA,380,NASIONAL,1234,OLAHRAGA,365,OTOMOTIF,10,PASER,10,PERISTIWA,598,POLITIK,271,PPU,68,REDAKSI,2,RELIGI,65,RESEP,94,SAMARINDA,197,SELEBRITI,3,TEKNOLOGI,252,TENGGARONG,15,
ltr
item
samarindaonline.com: Kenali Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya, Perhatikan ini Sebelum Memasang di Rumah
Kenali Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya, Perhatikan ini Sebelum Memasang di Rumah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5mIWVsLLHg_SMfeOUwKRsh4KUGwNhm2y-XEmktzZuDtBnirTt1zanF9WSL4SlRFefO0INceyyyOPSySe0p968zl382nwdyk2UpK8Wvrhnc12XQk2UUDqVqb2Srrui1ADmsG4rubYA8ikckpgTBlZwjK5njKp8dl9j-1uomudLIlhQFnwY688l2eH3HQ/w640-h430/12.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5mIWVsLLHg_SMfeOUwKRsh4KUGwNhm2y-XEmktzZuDtBnirTt1zanF9WSL4SlRFefO0INceyyyOPSySe0p968zl382nwdyk2UpK8Wvrhnc12XQk2UUDqVqb2Srrui1ADmsG4rubYA8ikckpgTBlZwjK5njKp8dl9j-1uomudLIlhQFnwY688l2eH3HQ/s72-w640-c-h430/12.jpg
samarindaonline.com
https://www.samarindaonline.com/2023/03/kenali-kelebihan-dan-kekurangan-panel.html
https://www.samarindaonline.com/
https://www.samarindaonline.com/
https://www.samarindaonline.com/2023/03/kenali-kelebihan-dan-kekurangan-panel.html
true
1215252243316345077
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy