Apa Itu Globalisasi, Karakteristik, Penyebab, hingga Bentuknya

TEKNOLOGI - Istilah globalisasi tentu tak asing lagi didengar pada saat ini. Namun, apa itu globalisasi? Berikut penjelasannya mengutip Buku...



TEKNOLOGI - Istilah globalisasi tentu tak asing lagi didengar pada saat ini. Namun, apa itu globalisasi?

Berikut penjelasannya mengutip Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Paket B Setara SMP/MTs Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi berjudul Dunia dalam Genggamanku (2020).

Pengertian Globalisasi

Globalisasi dapat diartikan sebagai meluasnya pengaruh kebudayaan maupun ilmu pengetahuan ke seluruh penjuru dunia. Globalisasi juga berarti terciptanya hubungan antarmasyarakat di seluruh dunia dalam berbagai bidang kehidupan.

Istilah globalisasi berasal dari kata global yang berarti dunia dan lization yang artinya proses.

Dengan begitu, globalisasi secara bahasa diartikan sebagai suatu proses yang mendunia antarsesama manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lain tanpa batas waktu maupun jarak.

Berikut pengertian globalisasi menurut para ahli.

- Selo Soemardjan

Globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antara masyarakat di seluruh dunia, tujuannya untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

- Anthony Giddens

Globalisasi adalah intensifikasi atau percepatan hubungan sosial seluruh dunia atau secara mendunia yang mengaitkan kejadian di lokasi yang satu dengan yang lain serta menyebabkan timbulnya perubahan pada keduanya.

- Achmad Suparman

Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu yang ada di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.

- Thomas L. Friedman

Globalisasi mempunyai dimensi ideologi dan teknologi. Dimensi ideologi yang tumbuh karena kapitalisasi dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang menyatukan dunia.

- Princenton N. Lyman

Globalisasi adalah perkembangan yang sangat cepat atas saling ketergantungan dan hubungan antar negara-negara di dunia dalam hal perdagangan dan keuangan.

- Laurence E. Rothenberg

Globalisasi adalah percepatan atau laju dan intensifikasi, interaksi, dan integrasi antarorang, perusahaan, pemerintah dari negara yang berbeda.

- Martin Albrown

Globalisasi adalah proses terhubungnya penduduk dunia ke dalam komunitas global.

- John Huckle

Globalisasi sebagai jalan yang berhubungan erat dengan keputusan, kejadian, dan juga kegiatan yang sudah melekat dalam perkembangan dunia sehingga hal tersebut memunculkan konsekuensi signifikan bagi makhluk hidup.

- Emanuel Ritcher

Globalisasi adalah jaringan kerja global dengan cara menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi ke dalam saling ketergantungan sehingga tercipta persatuan dunia.

- Malcom Waters

Globalisasi adalah proses sosial yang selalu berakibat tidak adanya batasan geografis antara masyarakat satu dengan masyarakat dunia.


Karakteristik Globalisasi

Menurut Cohen dan Kennedy, setidaknya terdapat empat karakteristik globalisasi sebagai berikut.

1. Perubahan jarak ruang dan waktu

Saat ini, kemajuan teknologi membuat komunikasi dan transportasi mampu mengubah konsep jarak ruang dan waktu antar masyarakat di dunia.

Contoh globalisasi karena hal ini yaitu kehadiran internet, telepon, televisi, hingga pesawat terbang.

Dengan kemajuan teknologi tersebut, antar masyarakat dapat mengetahui informasi yang terjadi di suatu negara tanpa harus datang ke sana lebih dulu. Ketika ingin datang ke suatu negara pun, perjalanannya jadi cepat.


2. Ketergantungan di bidang ekonomi dan perdagangan

Masyarakat di dunia kini memiliki ketergantungan di bidang ekonomi dan perdagangan.

Sebab, globalisasi memunculkan perdagangan internasional, sehingga masyarakat di negara A dapat saling mengonsumsi barang dan jasa yang dimiliki oleh negara B.


3. Interaksi kultural meningkat

Globalisasi membuat interaksi kultural meningkat. Sebab, internet dan televisi dapat membuat masyarakat mendapat interaksi kultural tersebut, meski tidak hadir secara langsung.


4. Masalah bersama meningkat

Karakteristik globalisasi selanjutnya adalah meningkatkan masalah bersama. Contohnya, pelanggaran HAM, kejahatan internasional, kasus kesehatan, dan lainnya yang berskala global akan menjadi perhatian masyarakat dunia.


Penyebab Globalisasi

Globalisasi sejatinya tidak ujug-ujug terjadi, tetapi ada faktor penyebabnya. Berikut penyebab globalisasi.

1. Perkembangan teknologi

Globalisasi bisa muncul karena perkembangan teknologi yang memungkinkan masyarakat di dunia dapat saling berkomunikasi dan bertemu. Mulai dari internet, akses komunikasi, akses transportasi, hingga akses keuangan.

2. Kerja sama internasional

Kerja sama internasional seperti kesepakatan perdagangan ekspor dan impor membuat barang dan jasa dari negara A dapat dikonsumsi oleh masyarakat negara B.

Semakin banyaknya kerja sama internasional, berarti globalisasi semakin terasa.

3. Kemudahan transportasi

Hubungan antarmasyarakat di dunia mulanya terhambat karena akses transportasi yang belum memadai sehingga tidak semua orang bisa berpindah tempat.

Namun perkembangan teknologi dan kemudahan transportasi memunculkan alat-alat transportasi baru yang dapat digunakan masyarakat di dunia untuk saling berpindah sehingga tak lagi memikirkan jarak dan waktu.

4. Prinsip ekonomi terbuka

Prinsip ekonomi terbuka kini hampir dianut oleh semua negara, sehingga terjadilah perdagangan global yang memungkinkan pertukaran barang dan jasa.


Bentuk Globalisasi

Setelah mengerti apa itu globalisasi dan penyebabnya, berikut bentuk-bentuk globalisasi.

1. Globalisasi di bidang IPTEK

Contoh globalisasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi alias IPTEK, yaitu munculnya internet, sehingga semua informasi dapat diakses oleh banyak orang dan dalam waktu cepat.

2. Globalisasi di bidang ekonomi

Contoh globalisasi di bidang ekonomi adalah munculnya perdagangan internasional antar negara dan waralaba internasional, sehingga toko-toko di luar negeri bisa membuka cabang di Indonesia.

Begitu juga dengan e-commerce atau marketplace di berbagai negara yang menerapkan perdagangan bebas, sehingga konsumen bisa mendapat barang-barang dari berbagai negara di dunia.

3. Globalisasi di bidang komunikasi

Contoh globalisasi di bidang komunikasi adalah munculnya handphone dengan fitur-fitur yang semakin canggih, tidak hanya ada internet namun juga dapat mengakses email, sosial media, berbagi dokumen digital, dan lainnya.

4. Globalisasi di bidang transportasi

Contoh globalisasi di bidang transportasi adalah munculnya berbagai jenis transportasi, mulai dari darat, laut, sampai udara. Dulu, orang harus berjalan kaki untuk menuju desa tetangga, kini bisa menggunakan motor dan mobil.

Mobil pun tidak hanya yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM), namun sudah menjadi mobil listrik. Begitu pula dengan transportasi publik yang semakin canggih, seperti MRT dan LRT.

5. Globalisasi di bidang budaya

Contoh globalisasi di bidang budaya adalah bercampurnya berbagai kebudayaan dari seluruh negara di dunia. Misalnya kini budaya K-Pop tak hanya digandrungi oleh remaja Korea Selatan, namun juga anak muda di Indonesia.

Batik dari Indonesia pun tak hanya diminati oleh orang asli Indonesia, namun juga masyarakat di negara tetangga. Contoh lain, tren makeup di suatu negara bisa cepat mendunia.

Demikian penjelasan mengenai apa itu globalisasi beserta karakteristik, penyebab, hingga bentuknya. Semoga bermanfaat.

Sumber: CNN Indonesia

Share Berita

Baca Juga

Pansus LKPJ Sidak Sejumlah Proyek ‘Andalan’ Pemkot Samarinda

  SAMARINDA  – Panitia Khusus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (Pansus LKPj) Wali Kota Samarinda melakukan sidak atau peninjauan ke sej...

Nama

ADVERTORIAL,827,BALIKPAPAN,106,BERAU,31,BONTANG,28,BUKU,35,EDUKASI,250,EVENT,4,FILM,57,FLORA DAN FAUNA,189,FOOD,78,HIBURAN,95,HUKUM,1612,KESEHATAN,481,KUBAR,7,KUKAR,20,KUTIM,7,MANCANEGARA,380,NASIONAL,1234,OLAHRAGA,365,OTOMOTIF,10,PASER,10,PERISTIWA,598,POLITIK,271,PPU,68,REDAKSI,2,RELIGI,65,RESEP,94,SAMARINDA,197,SELEBRITI,3,TEKNOLOGI,252,TENGGARONG,15,
ltr
item
samarindaonline.com: Apa Itu Globalisasi, Karakteristik, Penyebab, hingga Bentuknya
Apa Itu Globalisasi, Karakteristik, Penyebab, hingga Bentuknya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBZ4Afe7kLeRwPEIqzuarhO6b3hQNO2oulSABYMsOosDZEHy_7om2pbJiUxDtfWIAUKb57dGwdAK2w8blJRZCL8gcWfLipNKlfOaooZQsGujhU9rMD5fz8ITc7Z1yDbXqfjGHwFvfrSiyG0maoIbtTA03J9oz8YbDKk1G5fNtyErMweIIZPJ111v8Gag/w640-h426/globalisai.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhBZ4Afe7kLeRwPEIqzuarhO6b3hQNO2oulSABYMsOosDZEHy_7om2pbJiUxDtfWIAUKb57dGwdAK2w8blJRZCL8gcWfLipNKlfOaooZQsGujhU9rMD5fz8ITc7Z1yDbXqfjGHwFvfrSiyG0maoIbtTA03J9oz8YbDKk1G5fNtyErMweIIZPJ111v8Gag/s72-w640-c-h426/globalisai.jpg
samarindaonline.com
https://www.samarindaonline.com/2023/01/apa-itu-globalisasi-karakteristik.html
https://www.samarindaonline.com/
https://www.samarindaonline.com/
https://www.samarindaonline.com/2023/01/apa-itu-globalisasi-karakteristik.html
true
1215252243316345077
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All REKOMENDASI LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy